test

Jumat, 18 Maret 2011

Cara Install Program-Program diUbuntu

Pada tutorial ini akan dibahas bagaimana cara menginstall suatu program pada linux ubuntu, banyak kok caranya, tapi kenapa banyak juga orang yang bilang kalo nginstall program di linux ubuntu susah, ubuntu tuh slogannya "Linux for human beings" jadi linux untuk siapa aja, free dan mudah.

1. Lewat koneksi Internet
Pertama adalah lewat Add/remove Program, yaitu caranya adalah buka Applications>Add/remove program>Lalu dikolom searchingnya tinggal kalian ketikkan program apa yang kalian ingin install setelah ketemu klik Apply, udah deh tunggu download+nginstallnya.

Kedua adalah lewat Synaptyc Package Manager, yaitu caranya buka System>Administration>SynaptycPackageManager lalu di kolom Quick search, tinggal ketik aja software yang kalian ingin install, setelah ketemu tinggal klik kanan pilih Mark for Instalation lalu Apply.

Ketiga adalah lewat Terminal, yaitu caranya buka Applications>Accesories>Terminal , contohnya kita ingin menginstall program rar maka ketikkan saja di terminalnya sudo apt-get install rar unrar , maka akan otomatis rar akan terinstall ke kompi kita tuh.


2. Lewat DVD repository
DVD reposirory adalah kumpulan program linux yang telah dikemas jadi beberapa keping DVD. Cara ini adalah yang sering dilakukan orang untuk menginstall program2 ubuntu di komputer mereka, DVD repo ini berjumlah 7 keping pada ubuntu 9.10 karmic. Wah berapa ribu jumlah softwarenya tuh yah,,,gak kebayang(Malas ngitung). Bagaimana kalian bisa mendapatkan DVD repo ini, ya kalian mesti beli lah, sekita 90ribuan lah 7keping DVD. Tapi 90ribu puaslah, apa aja ada, tanpa harus download2 lagi. Kalia bisa membelinya di http://www.kambing.ui.ac.id lewat pesan antar juga bisa di kambing.
Setelah DVD nya daten kerumah kalian dari kambing, maka caranya adalah, tinggal masukin aja DVDnya lalu buka SynaptycPackageManager kaya yg cara atas penggunaannya, tapi di kolom list source mesti kalian tambahkan Add CD nya, dan supaya kalian gak bingung n gak keluar masuk keluar masuk kaset DVD diantara 7 itu sewaktu mencari sebuah program, maka caranya adalah :

Buat direktori repo1-repo7 di sembarang direktori (nanti sesuaikan path nya di sources.list). misalkan kita ingin buat di direktori home (bisa pake Terminal atau Nautilus), setelah itu copy kan isi ke 7 DVD tersebut sesuai dengan urutannya.

Lewat Terminal pertama buka terminalnya lalu ketikkan seperti dibawah ini: sudo gedit /etc/apt/sources.list masukkan password user

Lalu tambahkan list dibawah ini :

deb file:///home/namauser/repo1/ karmic main
deb file:///home/namauser/repo2/ karmic main multiverse restricted
deb file:///home/namauser/repo3/ karmic multiverse universe
deb file:///home/namauser/repo4/ karmic universe
deb file:///home/namauser/repo5/ karmic universe
deb file:///home/namauser/repo6/ karmic universe
deb file:///home/namauser/repo7/ karmic universe

Ingat namausernya disesuaikan dengan nama user yang kamu gunakan...

Atau lewat GUI : Klik System>Administration>SoftwareSources. Pada SoftwareSources ini, klik tab Other Software, lalu klik ADD. isikan path seperti di atas.

Maka proses instalasi lewat SynaptycPackageManager akan terasa seperti terkoneksi dengan internet, lancar-lancar saja (Tanpa harus keluar masukin DVD repo nya).


3. Lewat hasil download
Maksudnya instalasi download adalah instalasi program linux yang kalian boleh download di warnet-warnet terdekat. Misalnya seperti file .tar.gz , .tar.gz2, .rpm, .src.rpm , .deb , dll. Untuk paket program ubuntu lumayan lengkap bisa kalian download di http://packages.ubuntu.com/ nah di situs itu terdapat puluhan ribu program-program ubuntu yang kalian bisa download semua secara gratis.
1. Install (.deb) : Kalau kalian mendapatkan program yang belakangnya .deb bisa langsung kalian klik 2x aja, maka dia otomatis langsung terinstall, seperti kita nginstall program .exe di jendela, karena ubuntu menyediakan package di sistemnya, jadi kegunaan package ya ini.

2. Install (.tar.gz) : Untuk yang belakangnya ini kalian bisa main di terminal dengan mengetikkan tar -zxvf [nama-file].tar.gz untuk mengekstraknya atau bisa klik kanan pada filenya lalu pilih extrak here. tapi patikan filenya berada didirektori home/user/ lalu perintah berikutnya biasanya dengan perintah : cd namafileuntuk masuk kedirektori disusul dengan ./configurelalu disusul dengan make dan make install. Coba dibaca2 file readme nya biasanya ada cara2nya disana.

3. Install (.tar.gz2) : Untuk file yang belakangnya .tar.gz2 sama saja caranya seperti yang .tar.gz namun hanya beda proses di ekstraknya saja, yaitu dengan menggunakan perintah tar -xjvf [nama-file].tar.gz2.

4. Install (.rpm) : Sintaks umumnya adalah :
rpm -i nama_paket-versi-release-arsitektur.rpm
Kita ambil contoh instalasi Yahoo! Messenger.
#rpm -i ymessenger-1.0.4-1.i386.rpm
5. Install (.src.rpm) : Sebelum instalasi, kita harus membangun ulang (rebuild) paket tersebut. Untuk membangun ulang,sintaks perintahnya sebagai berikut :
rpm --rebuild nama_paket-versi-release.src.rpm
Kemudian setelah di rebuild, paket yang terbentuk akan berakhiran *.rpm. Ini artinya proses instalasi menggunakan perintah biasa yaitu : rpm -i nama_paket-versi-release-arsitektur.rpm .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.